CARA MENCETAK DAN MENGECOR

CARA MENCETAK DAN MENGECOR

CETAKAN
Aplikasi bahan cetak
Dalam pembuatan gigi palsu atau pembuatan pesawat ortodonthi, pekerjaan yang pertama-tama dilakukan adalah membuat pengambilan cetakan.
Cetakan adalah suatu keadaan tiruan negatif yang di ambil dari suatu benda atau objek dengan memakai suatu bahan cetakan darimana akan diperoleh atau dibuat suatu model yang merupakan suatu hasil tiruan yang positif.

Cetakan ada dua macam:
1. Cetakan Anatomis
Yaitu cetakan dari gigi geligi , processus alveolaris , palatum dan sebagainya dalam garis besarnya.
2. Cetakan Fungsional
Yaitu cetakan dari rahang dimana batas selaput lender yang bergerak dan tidak bergerak harus diperhatikan.

Cara mencetak:

Alat-alat yang dibutuhkan untuk mencetak tergantung pada bahan cetak yang kita gunakan. Pasien harus duduk dalam posisi yang sebaik-baiknya dan dalam keadaan rileks (punggung dan belakan kepala terletak satu garis).
Pasien disuruh agar bernapas melalui hidung. Mulut jangan dibuka terlalu lebar karena bibir otomatis tertutup. Mencetak biasanya dimulai dari rahang bawah karena tidak atau sedikit memberikan rangsangan untuk muntah karena tidak mengenai palatum molle.

• Mencetak Rahang Atas
Sebelum memilih sendok cetak yang tepat terlebih dahulu dilihat dengan teliti besar dan bentuk rahangnya. Kemudian kita pilih sendok cetak yang sesuai dengan keadaan rahang atas yang akan dicetak.
Penderita didudukkan dengan garis kamfer( Kamfer Line Nasotragal Line= Naso Auricular Line= garis yang ditarik dari sudut sayap hidung ke tragus) sejajar lantai.
Tinggi kursi di atur sedemikian rupa sehingga mulut pasien setinggi siku yang mencetak. Sendok cetak dipegang dengan tangan kanan dan tangan kiri membuka ujung mulut sebelah kiri. Lalu sendok cetak dimasukkan ke dalam mulut pasien secara berputar pada sudut mulut kanan pasien sampai gagang sendok cetak terletak pada satu garis dengan hidung pasien. Jangan menekan sendok cetak sebelum posisinya betul.
Kemudian sendok cetak ditekan ke atas terlebih dahulu pada region depan kemudian di bagian belakang sampai sendok cetak ini sejajar dengan lantai. Pada bagian vestibulum dapat dipakai jari telunjuk kanan untuk menekan atau menaikkan bahan cetak ke bagian fornix. Bibir dapat ditarik ke bawah dan dilepaskan kembali. Kemudian sendok cetak ditahan dengan tekanan yang konstan dan ditunggu pengerasan bahan cetak selama 2-3 menit.
Setelah bahan cetak keras sendok dikeluarkan dari mulut sejajar denan sumbu gigi.

• Mencetak Rahang Bawah
Pada garis besarnya sama dengan rahang atas hanya operator berdiri dimuka kanan pasien. Rahang bawah harus sejajar dengan lantai , dengan jalan mensejajarkan garis dari mulut ke tragus lantai .
Sendok cetak yang telah diisi dengan bahan cetak harus dibalik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mulut pasien. Setelah sendok berada dalam mulut dengan posisi yang tepat, pasien kita suruh mengangkat lidahnya dan sendok cetak ditekan.


Cetakan yang baik:
Untuk mengetahui baik atau tidaknya cetakan perlu diketahui dan di dapat pada cetakan bentuk anatomi daripada rahang yang di cetak, yaitu:
Untuk rahang atas:
 Labial frenulum
Yaitu lipatan membran mukosa digaris median, setelah anterior dari incisivus sentral atas, meluas dari bagian dalam bibir atas kea rah prosessus alveolaris.
 Bukkalis frenulum
Yaitu lipatan membran mukosa dibagian pipi.
 Tuber maxillare
Yaitu tonjolan maxille atau bagian ujung dari gigi.
 Palatum
Yaitu langit-langit dirongga mulut
 Vestibulum/fornix
Yaitu saluran penghubung, ruang antara permukaan bukal dan labial gigi serta gingival dan bagian dalam pipi serta bibir.
 A-H Line
Rahang atas dibagian palatum.
Untuk rahang bawah:
 Labial frenulum
 Bukkalis frenulum
 Lingual frenulum
 Trigonum retromolar
 Batas selaput lendir yang bergerak dengan yang tidak bergerak
 Vestibulum/fornix.

PEMBUATAN MODEL/CAST
Model adalah suatu produksi benda / objek yang diperoleh dengan mengisi bentuk negatifnya.
Ada dua macam model, yaitu:
1) Study model (model pemeriksaan)
2) Work model( model kerja).
Study model dibuat dengan gyps biasa (Plaster of paris) dipergunakan untuk mempelajari keadaan mulut diluar mulut penderita. Work model dibuat dengan gyps keras dan dipergunakan untuk tempat mengerjakan pembuatan gigi palsu atau pesawat.
Kalau bahan cetak yang digunakan adalah impression plaster maka sebelum diisi dengan gyps atau dental stone, cetakan harus diberi separating medium,missal air.
Semua cetakan harus diisi secepat mungkin untuk menghindarkan terjadi perubahan dimensi dari cetakan.


Cara mengisi cetakan
Untuk rahang atas
Setelah gyps dicampur dengan air dan di aduk sampai homogeny kemudian dituangkan pada bagian yang paling tinggi (daerah palatum) , sambil mengetok-ngetokkan sendok cetak di atas rubber bowl untuk mencegah terjadinya gelembung-gelembung udara yang menyebabkan poreus.

Untuk rahang bawah
Pengisian dilakukan dari satu sisi gigi kanan atau kiri pada bagian distal, sambil diketok-ketok seperti pada rahang atas, supaya mengalir ke bagian-bagian yang lain. Bila seluruh cetakan sudah diisi dengan gyps maka cetakan dibalik dan ditempatkan di atas setumpukan gyps yang sudah ditaruh di atas meja yang beralaskan kertas besar. Dengan demikian diperoleh dasar model dengan tebal secukupnya.

CARA MENGELUARKAN MODEL DARI CETAKAN
Setelah gyps keras model dapat dikeluarkan dari cetakan dengan jalan:
Jika bahan cetak yang dipakai adalah stentz maka model dapat dikeluarkan dari cetakan dengan melunakkan impression compoundnya dalam air panas kurang lebih 60° C. Kemudian dilepaskan dengan pisau mulai dari daerah vestibulum semua sisi, bagian oklusal dan insisal. Jika bahan cetaknya gyps (impression Plaster) dapat dilepaskan dengan membuat parit dibagian prosessus alveolaris dan dicungkil dari bagian bukal dan labial pada pinggir cetakan. Sedangkan pada bagian palatum dapat dengan sendirinya dikeluarkan keseluruhannya.
Jika cetakan dengan bahan cetak alginate dapat dibuka dengan menyiramkan air dari kran ke bagian distal cetakan, sambil menggerak-gerakkan model agar lepas dari bahan cetak.

Sumber : Sumardhi, dkk. 2005. Ilmu Material dan Teknologi Kedokteran gigi. Medan. USU press.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Adakah teknologi foto 3 demensi yang akurat untuk "memetakan" cetakan gigi ? Kalau dalam film-film spionase, kadang ada adekan pembuatan tiruan wajah dg cara di foto lalu dibuat topeng. Bisakah diaplikasikan untuk gigi ? Alangkah lebih nyaman bagi pasien jika bisa "terhindar" dari proses pembuatan cetak negatif seperti diuraikan di atas

Unknown mengatakan...

ada tutorialnya boss tolong bantuannya

Unknown mengatakan...

ada tutorialnya boss tolong bantuannya

Posting Komentar